Image: 
’Ngabuburit Online’ Tanpa Gangguan Mata Kering

Bulan Ramadan kali ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan jaga jarak sosial dan memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 22 Mei 2020. Artinya, selama bulan Ramadan kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, untuk bekerja dan beribadah.

 

Tak jarang, selama di rumah saja kita bosan dan mencari alternatif hiburan untuk mengusir kebosanan: Gadget alias gawai akan menjadi pilihan untuk mendapatkan hiburan di ujung jari. Nah, dimomen bulan Ramadan, bisa dipastikan masyarakat akan mencari aktifitas seru 'ngabuburit online', mulai dari kajian/ceramah online, video call, mencari resep masakan untuk berbuka dan sahur hingga main games. Di tahun-tahun lalu, ngabuburit digunakan sebagai  agenda bersosialisasi bersama teman  - yang sayangnya kali ini tak bisa dilakukan.

 

Selama pandemi COVID-19 dan berdiam di rumah, sudah tentu pemakaian gawai meningkat. Durasi dan frekuensi pemakain gawai ini bisa berdampak pada kesehatan mata. Alasannya: Saat berkonsentrasi dan fokus menatap layar komputer  dalam jangka waktu lama, frekuensi berkedip akan sangat berkurang. Berkedip penting untuk menjaga kondisi kelembapan mata, sehingga berkurangnya frekuensi berkedip menjadi salah satu penyebab munculnya gejala mata kering seperti mata sepet, pegel, dan perih.

 

 

Namun ndak perlu khawatir akan hal itu, apalagi bete menunggu waktu maghrib tiba. Coba berserlancar mencari kegiatan seru yang kamu sukai untuk mengisi ibadah Ramadan mu dirumah, namun tetap perhatikan kesehatan mata.

 

Agar 'ngabuburit online' Instobuddy tetap nyaman, jangan lupa perhatikan beberapa hal simple namun kerap dilupakan agar terhindar dari gejala mata kering;

 

- Kebiasaan berkedip saat menatap layar, karena berkedip berfungsi mengembalikan dan menjaga kelembapan permukaan mata.

- Atur kecerahan layar, sesuaikan dengan kondisi pemakaian (dalam dan luar ruang). Pastikan kecerahan layar optimal, tidak terlalu gelap atau terlalu terang. 

- Beri mata waktu untuk istirahat. Jangan terlampau semangat hingga lupa mengistirahatkan mata. Ingat loh instobuddy sedang berpuasa, stamina tubuh tetap perlu dijaga juga.

 

Jika gejala mata kering muncul dan mengganggu aktivitas, gunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala mata kering, dan meringankan iritasi mata karena produksi air mata yang berkurang, misalnya Insto Dry Eyes. Cukup 1-2 tetes, 3x sehari untuk mengatasi gejala mata kering

 

Jika tidak lekas ditangani,  sindrom mata kering dapat menyebabkan kondisi serius yang dapat membahayakan mata, misalnya infeksi, terbentuk jaringan parut di permukaan mata,iritasi mata, dan gangguan penglihatan. Kunjungi dokter mata jika keluhan/gejala mata kering tak kunjung mereda.

Related