Image: 

Tahukah kamu bahwa air mata itu ada bukan hanya sebagai ungkapan kebahagiaan atau kesedihan? Tak percaya? Simak tulisan di bawah ini…

Mata kering (dry eye) merupakan kondisi dimana air mata tidak dapat memberi pelumasan yang memadai untuk mata. Kelenjar air mata tidak dapat menghasilkan cukup air mata, sehingga tidak dapat menepis debu atau benda asing yang masuk ke dalam mata. Akibatnya, kamu merasa tidak nyaman, mata terasa sepet, perih, dan merah. 

 

Ini gunanya air mata

Komposisi air mata terdiri dari air, lemak/minyak, dan mucin. Komposisi ini membantu menciptakan permukaan mata kamu halus dan jernih. Fungsi pentingnya adalah membantu melindungi mata dari infeksi serta benda asing yang masuk, misalnya debu  atau yang lainnya. Setiap kali kamu berkedip, air mata melewati mata kemudian mengalir ke sudut dalam kelopak mata, lalu ke bagian belakang hidung. Jika produksi air mata terganggu maka mata menjadi kering dan iritasi

 

Sindrom mata kering

Tipe mata kering yang umum terjadi, penyebabnya adalah menurunnya produksi air mata atau meningkatnya penguapan air mata dan ketidakseimbangan komponen air mata. Kondisi ini disebut sindrom mata kering, atau keratoconjunctivitis sicca (KCS). Ada yang bisa pulih kembali, ada yang bertahan cukup lama—tergantung penyebabnya. 

 

Menelusuri penyebab mata kering

Mata kering terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Pada mereka yang memasuki usia 50, produksi air mata cenderung berkurang. Berkurangnya air mata lebih sering terjadi pada wanita, terutama saat mengalami perubahan hormon akibat kehamilan, menggunakan pil KB atau menopause.

Kondisi medis tertentu turut berkontribusi sebagai penyebab mata kering, antara lain diabetes, rheumatoid arthritis, penyakit lupus, scleroderma, sindrom Sjogren, gangguan tiroid dan kekurangan vitamin A. Konsumsi obat-obatan tertentu, operasi mata dengan laser juga dapat menyebabkan mata kering.

 

Aktivitas harian pun mengancam

Jangan salah, di luar kondisi tersebut di atas aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan juga dapat membuat mata kering. Misalnya saat berada dalam pesawat terbang, ruangan ber-AC, saat mengendarai sepeda atau terlalu lama berada di depan monitor komputer atau gadget

Aktivitas yang membuat mata jarang berkedip membuat mata kering. Ini terjadi saat kamu tengah berkonsentrasi atau fokus melakukan aktifitas, misalnya saat membaca, mengemudi, atau bekerja di depan komputer.

 

Mencegah mata kering

Jauhi faktor pencetusnya. Jika kamu bekerja di depan komputer, sesekali alihkan pandanganmu dari monitor. Sesekali keluar dari ruangan ber-AC, saat berolahraga atau berkegiatan di luar ruangan, gunakan kacamata pelindung untuk membantu menjaga kelembaban di sekitar mata.

 

Nah, bagaimana jika kamu mengalami mata kering? Teteskan Insto Dry Eyes, varian baru dari Insto yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi mata kering. Kandungan zat aktif dalam Insto Dry Eye bekerja mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/mata-kering

https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering

https://jec.co.id/id/service/page/41/166/dry-eye

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863

https://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-dry-eyes

Related